Wajib Ada Sebelum Membuat Desain Rumah


Ketika kita akan membangun rumah baik yang menggunakan jasa arsitek maupun membangun sendiri tentunya akan dimulai dengan membuat gambar atau desain.

Ada beberapa hal yang dibutuhkan sebelum kita menggambar atau mendesain rumah.


desain rumah minimalis scandinavian
Contoh Desain Rumah 

Hari ini kami akan jelaskan tentang hal apa saja yang dibutuhkan arsitek untuk membuat desain rumah, baik untuk rumah minimalis maupun rumah dengan model arsitektur lainya.

Data yang dibutuhkan antara lain :

1.     Ukuran Tanah, untuk ukuran tanah ini meliputi ukuran horizontal maupun vertikal. Yang dimaksud ukuran horizontal adalah berapa Panjang dan Lebar tanah, sedangkan ukuran Vertikal adalah berapa beda tinggi antara tanah terhadap jalan dan adakah penurunan atau gradasi leveling didalam tanah itu sendiri.

2.     Berapa ROI atau batas bangunan terhadap jalan sesuai peraturan yang berlaku, hal ini biasanya disesuaikan dengan kelas jalan didepan rumah, misal dijalan propinsi, jalan kabupaten atau kah di jalan desa.


3.     Adakah peraturan lain terhadap lingkungan atau daerah tersebut, kalo boleh kami beri contoh di lingkungan kraton Jogja berlaku peraturan untuk style atau gaya bangunan harus bergaya jawa dan ketinggian bangunan tidak boleh melampaui tinggi kraton dalam kasus tertentu ini maka bisa didapati bahwa tidak ada bangunan berlantai 2 didalam beteng yogyakarta.

4.      Setelah semua data 1, 2 dan 3 didapat arsitek biasanya masuk ke detailing rumah yaitu dengan pertanyaan pertanyaan sebagai berikut:

a.     Rumah yang diinginkan 1 lantai, 2 lantai atau 3 lantai ?
b.     Apa gaya arsitektur yang diinginkan? Misal rumah minimalis, rumah scandinavian atau etnic dll.
c.     Apakah rumah akan disetting menggunakan AC atau menggunakan penghawaan alami?
d.     Berapa jumlah kamar tidur?
e.     Berapa ukuran kamar tidur utama dan kamar tidur lainya?
f.      Adakah kamar mandi didalam kamar tidur?
g.     Memakai apa Kamar mandi sistem mandi bak, Shower atau bathup?
h.     Ruang keluarga dan ruang tamu apakah bisa dibuat menyatu?
i.      Berapa besar ukuran dapur yang diinginkan? Dan apakah ada dapur bersih dan dapur kotor?
j.       Adakah ruang spesifik lain yang harus ada didalam rumah, seperti ruang kerja (studio), Ruang khusus bermain anak atau lainya?
k.     Terkait gudang atau tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai, haruskah disiapkan ruang khusus?
l.      Adakah Ruang khusus pembantu (asisten rumah tangga).
m.    Loundry area include tempat jemur  lebih disukai dilantai 1 atau dilantai 2 atau dimana ?
n.      Rumah yang diinginkan akan menggunakan garasi tertutup atau cukup dengan carport saja ? Tolong sebutkan jumlah target isinya misalnya 2 mobil dan 2 motor.
o.     Sumber air bersih apakah dari sumur, PAM atau lainya?

5.     Detil lain yang perlu diketahui arsitek adalah jenis bahan material yang diinginkan oleh owner, misalnya bahan plafond, lantai, kusen pintu dan jendela dan lain lain yang secara khusus menjadi keinginan dan cita cita owner terhadap bangunan rumah nantinya.

6.     Berapa anggaran biaya yang disiapkan untuk pembangunan rumah? Hal ini penting sekali diketahui arsitek agar desain yang dibuat bisa mendekati keinginan dan kemampuan ownernya.

Kesemua pertanyaan diatas haruslah terjawab dan ada datanya jika anda menginginkan sebuah desain rumah yang sesuai selera, nyaman dan sesuai budget.



Related Posts

0 comments :

Posting Komentar